Jumat, 10 Juni 2011

KEEP FIGHTING

Kalau saat ini kita bertanya kepada mbah Google siapa pemenang lari marathon pada olimpiade di Mexico tahun 1968 maka kita akan sulit menemukannya. Tetapi ada seseorang yang sangat dikenang dan menginspirasi banyak orang dalam event Olimpiade itu. Ia bukanlah seorang juara, malah ia memasuki garis finish paling akhir saat seluruh penonton sudah mau beranjak pulang.


Pelari ini setengah pincang berlari dengan susah payah memasuki stadium Olympic Mexico City yang telah mulai gelap. Akibat insiden tabrakan fatal dengan pelari lainnya pada awal perlombaan marathon. Panitia telah
minta ia berhenti karena lukanya yang berceceran darah tapi ia menolaknya Pelari ini bernama
John Stephen Akhwari dari Tanzania.

Lalu setelah pertandingan ada seorang yang bertanya kepadanya "Mengapa Anda tidak berhenti ketika terluka pada awal pertandingan?"

Jawabnya
" Negara saya tidak mengirim saya 5,000 mil hanya untuk memulai pertandingan, mereka mengirim saya

5,000 mil untuk menyelesaikannya."

Hingga saat ini Akhwari menjadi INSPIRASI banyak orang di dunia bukan karena ia memperoleh medali
emas melainkan karena komitmennya yang tinggi untuk menyelesaikan pertandingan meskipun dalam
keadaan cedera dan terluka.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita akan berhenti untuk mencapai IMPIAN hanya karena kita mengalami

"sedikit cedera" ? Ataukah kita akan terus berjuang meskipun banyak tantangan dan keterbatasan fisik yang tidak mendukung untuk mencapai garis akhir (tujuan) kita?

memupuk karakter pantang menyerah adalah cara kita untuk tetap maju terus pantang mundur dalam menggapai IMPIAN kita, untuk menjaga semangat kita agar tetap berkobar-kobar.
beberapa cara ini bisa anda lakukan agaar anda tidak mudah menyerah seperti Akhwari:
1. Fokus pada tujuan anda
jika anda fokus pada tujuan anda, maka hambatan tidak menjadi sesuatu yang menakutkan. dan sebaliknya
jika anda fokus pada hambatan, maka daya juang anda akan melemah.

2. Hadapilah dan Alami pengalaman dan petualangan baru. pengalaman akan mendewasakan anda.
pengalaman-pengalaman juga petualangan yang anda hadapi dalam kehidupan anda akan mampu
membawa anda pada cakrawala pandang yang luas dalam menghadapi masalah-masalah yang datang
menyusul silih berganti.

3. jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa anda tidak akan berhasil, bila dalam usaha anda mengalami kegagalan. belajarlah dari kegagalan itu agar didapat gambaran yang lebih baik lagi. untuk kemudian menyusun langkah yang lebih baik dari yang sebelumnya anda lakukan.

4. teruslah berusaha.
anda pastilah pernah mengenal filosofi air yang bisa melubangi batu dengan tetesan yang terus menerus. lakukan upaya terus menerus dengan senantiasa memperbaiki strateginya. ingatlah sesuatu yang anda lakukan saat ini, suatu saat akan anda petik hasilnya

5. imbangi kegigihan anda dengan Berpikir Kreatif
ketika perjalanan anda terhalang oleh batu cadas nan menjulang tinggi, anda tidak perlu membenturkan kepala anda untuk membuktikan bahwa anda pantang menyerah. berhenti sejenak dan pikirkanlah bagaimana cara mengatasinya. cari jalur ALTERNATIF. banyak jalan menuju MAKKAH

6. jangan terpengaruh oleh kegagalan orang lain
jadikan kegagalan orang lain pelajaran, agar kita tidak terperosok pada lubang yang sama dengannya. carilah sebanyak mungkin kisah-kisah orang sukses. contohlah perjuangannya. tirulah semangatnya. karena orang yang sukses bisa dipastikan adalah orang yang mampu menjaga kualitas semangatnya.

Sumber : mbakniek.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar