Minggu, 02 Mei 2010

MANFAAT SEDEKAH

“Apabila anak Adam meninggal, putuslah segala amal perbuatannya
kecuali tiga perkara; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan
anak saleh yang mendoakan orang tua”
Saudaraku, tidak berapa lama lagi bulan Ramadhan akan segera tiba. Apa yang telah kita lakukan di bulan-bulan sebelumnya? Ibadah, mungkin “begitu-begitu” saja. Kalaupun ada peningkatan, adalah waktu berdoa yang lebih lama, karena banyak hal yang ingin kita adukan pada Allah. Bersedekah? Boro-boro. Zaman susah begini, harga-harga semua naik, pos dana untuk beli bensin/transport menjadi tekor, manalah ada anggaran untuk sedekah?
Barangkali, tak sedikit dari kita yang mengamini hal di atas. Amal ibadah yang lain boleh jalan mulus, tapi sedekah, jarang ada dalam prioritas Kalaupun ada sedekah harian, adalah Rp. 500,- untuk pengamen atau pengemis. Itupun kadang rela, kadang tidak. Padahal, sedekah haruslah ikhlas. Bukan itu saja, juga hendaknya harta yang disedekahkan adalah yang terbaik dan dicintai
Zakat, infak dan sedekah tidak hanya sekadar merupakan kewajiban rutin, statis yang hanya bertujuan untuk melindungi atau membersihkan harta saja, melainkan dapat juga sebagai Penyelesaian masalah atau sebagai kunci keberhasilan dalam berbisnis/bekerja.
Direktur Dompet Dhuafa Republika, Ir. Jamil Azzaini MM pernah mengalami secara langsung manfaat sedekah. Saat itu, ia menyedekahkan tanah 350 m2, satu-satunya harta yang paling berharga yang ia miliki setelah mengalami kebangkrutan dari usahanya tahun 2001. Padahal saat itu utangnya sekitar Rp. 1,6 miliar. Namun tak lama setelah itu, rezeki lain dating. Utangnya dianalisis dan ternyata tak seluruhnya akibat kesalahannya. Utangnyapun dibebaskan senilai Rp. 800 juta.
Fadilah sedekah ………….?
Fadilah sedekah ada empat :
1.Ashshadaqatu tajliburrizqa (sedekah mengundang datangnya rezeki). Yang namanya rezeki itu sangat luas, berupa Kesehatan, anak, istri, pekerjaan, karier, apapun yang disebut oleh manusia baik, itulah rezeki. Seluruh kebaikan itu rezeki.
2.tadfa’ulbala (sedekah dapat menolak bala).
3.sedekah menyembuhkan penyakit dawu mardhokum bishshadaqah (obati penyakit kamu dengan sedekah).
4.dapat memanjangkan umur ashadaqatu thuthawilul umra (sedekah itu memanjangkan umur)

Fadilah utama sedekah adalah keselamatan dunia dan akhirat serta dicintai oleh Allah SWT. Karena Allah mencintai orang-orang yang bersedekah. Sedangkan kalau Allah sudah mencintai seseorang ada empat fadilahnya :
1.Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan.
2.Tidak ada keinginan yang tidak dijawab.
3.Tidak ada dosa yang tidak diampuni.
4.Orang ini akan meninggal dalam keadaan khusnul khatimah.

Tidak menunggu kaya baru sedekah
Kalau orang miskin bersedekah, maka dia berubah maqam menjadi kaya. Kalau orang kaya bersedekah, ia menjadi mulia. Orang lemah bersedekah, dia menjadi kuat. Orang kuat bersedekah menjadi bertambah kuat. Orang sakit menjadi sehat sedangkan yang sehat menjadi terjaga. Kalau orang yang belum kawin, bersedekah sebanyak-banyaknya insya Allah dia akan mudah mendapat erzeki. (Baca QS. At-Thalaq ayat 7), “Hendaklah orang-orang yang kaya berbagi kekayaannya, orang yang mampu berbagi apa yang dimilikinya”
Tentang fadilah sedekah yang paling utama terdapat dalam QS. Al Munafiqun [63] ayat 9 – 11. Kata Allah jangan hanya dunia yang dikejar, jangan dilalaikan dengan harta dan anak keturunan karena bukan itu yang menyelamatkan kita. Apa yang menyelamatkan kita? Yang menyelamatkan kita adalah sedekah. Maka bersegeralah sedekah!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar