Minggu, 08 Mei 2011

SEBAB-SEBAB SYAR'IE UNTUK MEMPEROLEH KESEMBUHAN

Diantara problematika kehidupan yang banyak dihadapi manusia adlah ditimpa berbagai macam penyakit, baik jasmani maupun rohani dan untuk mengobati penyakit, beragam ikhtiar dan usaha dilakukan manusia. Ada di antara manusia yang menyalahi syari'at Islam dalam melakukan ikhtiar, seperti mendatangi dukun, orang pintar dan paranormal. Namun ada juga yang sadar tentang bahaya perdukunan, sehingga mereka berusaha mencari pengobatan yang sesuai dengan syari'at Islam, seperti mendatangi dokter, berbekam, mengkonsumsi habatussauda (jinten hitam) dan madu, atau dengan cara rukyah.

Sebab-sebab Syar'i untuk memperoleh kesembuhan :

  1. Melakukan ikhtiar secara Islami dan jangan melakukan ikhtiar yang dilarang. Rasulullah SAW telah bersabda, "Sesungguhnya Allah menciptakan penyakit dan obatnya, maka berobatlah kalian tapi jangan berobat dengan cara yang diharamkan". (Hadits ini dihasankan oleh Syeikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah).
  2. Meakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Dzat yang maha menyembuhkan, sedangkan makhluk yang terlibat proses pengobatan seperti dokter, tabib, obat-obatan dan hal lain yang terkait lainnya, itu hanyalah sarana menuju kesembuhan, dan buanglah sejauh mungkin keyakinan atau ungkapan yang menyimpang dari tauhid seperti seseorang ketika mendapatkan kesembuhan dengan mengatakan "Dokter fulan memang hebat, obat itu memang manjur" atau uangkapan-ungkapan yang keliru lainnya.
  3. Dekatkan diri dan tingkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, serta mohonlah ampunan atas dosa-dosa yang telah kita perbuat, karena salah satu hikmah Allah SWT menurunkan penyakit pada diri kita adalah agar kita kembali ke jalan-Nya.
  4. Bertaqwa dan berdoalah selalu kepada Allah SWT Dzat yang maha menyembuhkan segala penyakit, agar penyakit segera diangkat dari diri kita dan janganlah bosan untuk berdo'a, sebab kita tidak tahu kapan Allah SWT menjawab do'a kita . Perhatikan sebab-sebab terkabulnya do'a serta penuhi syarat-syaratnya.
  5. Bershadaqahlah semampu kita karena Rasulullah SAW menjanjikan kesembuhan melalui shadaqah, dan tepislah jauh-jauh anggapan bahwa shadaqah itu mengurangi harta kita, justru Allah SWT akan melipatgandakan harta kita dan niatkanlah shadaqah untuk memperoleh kesembuhan dari Allah SWT.
  6. Yakin dan tanamkan keyakinan sedalam-dalamnya bahwa Allah SWT akan menyembuhkan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar