Minggu, 15 Mei 2011

JADILAH AHLI

profesi apa yang tengah Anda jalani saat ini? Dokter, pengacara, akuntan, bankir, marketer, sales, arsitek, dokter, trainer seperti saya, atau mungkin yang lainnya. Pertanyaannya, cintakah Anda dengan profesi yang Anda jalani sekarang? Jawaban Anda boleh jadi ya, boleh jadi tidak, atau boleh jadi seperti syair lagu tempo dulu; “yang sedang-sedang saja…”.

Apa pun profesi Anda saat ini, semuanya berkeinginan untuk menjadi yang terbaik, menjadi ahli, menjadi expert di bidang yang Anda tekuni itu. Dan dalam menjalani profesi Anda, secinta apa pun Anda pada profesi Anda, pasti ada masa atau saat dimana Anda merasa lelah, letih, bosan atau jenuh dengan profesi Anda. Seperti syair lagu Rio Febrian Meski begitu indah, Ku masih tetap saja…. jenuh ….”.

Insan SuksesMulia, teringat saat bulan puasa kemarin, mengikuti acara buka bersama di rumah ayah angkat saya. Rumah ayah angkat saya merupakan rumah yang sekaligus menjadi tempat tinggal bagi anak-anak asuhnya yang jumlahnya puluhan. Ada anak yang dibuang di jalan, ada anak yang ditinggal di depan rumah orangtua angkat saya, anak yatim piatu, dan seterusnya. Ayah angkat saya merawat, membesarkan, mendidik, dan menyekolahkan mereka layaknya anak sendiri. Dan saat acara buka bersama itu pun, anak-anak angkatnya turut bergabung bersama kami.

Kalau tidak salah waktu kami buka puasa bersama saat itu sudah sekitar hari ke 20-an puasa. Saat memberikan sambutan, orangtua angkat saya berkata;

“Anak-anakku… sekarang sudah masuk minggu terakhir bulan Ramadhan. Bagaimana puasa kalian? Bagaimana sholat tarawih kalian? Bagaimana shaf di mesjid kemarin? Ada kemajuan? Maju ke depankah? (diam sejenak). Anak-anakku, adalah jamak ketika ramadhan semakin berjalan, semakin banyak orang yang didera perasaan bosan, lelah dan jenuh. Tetapi jika kalian bisa melawan rasa itu, maka kalian akan bisa sukses menjalani ibadah di bulan yang penuh berkah ini. (diam sejenak). Anak-anakku, hidup pun juga demikian. Untuk jadi orang yang berhasil, orang yang sukses, di bidang apa pun pilihan kalian, kalian harus mampu melawan rasa bosan, lelah, letih, dan jenuh. Jika kalian tidak mampu melawannya, maka kalian hanya akan berakhir tidak menjadi apa-apa.”

Mendengar sambutan yang singkat, sederhana, namun penuh makna itu, saya sendiri sempat tertegun. Apa yang dikatakan oleh ayah angkat saya ini betul-betul benar. Banyak orang yang tanpa sadar terkalahkan oleh rasa lelah, letih, jenuh atau bosan dalam menjalani profesinya, sehingga suatu hari mereka menemui dirinya hanya berakhir menjadi orang rata-rata, bahkan tidak menjadi apa-apa.

Insan SuksesMulia, sebuah penelitian di Berlin Academy of Music menemukan, bahwa jika Anda ingin menjadi yang terbaik, menjadi expert di profesi Anda, apa pun profesi Anda, maka Anda harus melakukan deliberate practice selama 10.000 jam. Deliberate practice berarti Anda harus melakukan latihan yang disengaja, terstruktur dan berjenjang, sehingga level keahlian Anda, level expertise Anda di profesi Anda kian meningkat secara berkesinambungan.

10.000 jam. Bukan waktu yang sebentar. Jika dalam satu hari Anda berlatih 3 jam, berarti Anda butuh sekitar 10 tahun untuk bisa menjadi expert di profesi Anda. Dan dalam waktu itu, entah akan berapa kali, berapa puluh kali, bahkan berapa ratus atau ribu kali rasa lelah, letih, jenuh atau bosan akan mendera Anda. Jika Anda merasakan hal itu, maka sadarilah bahwa itu adalah hal yang biasa. Tetapi jika Anda terus berjuang untuk mengalahkannya, barulah Anda jadi sosok yang luar biasa. Sosok yang akan menjadi seorang expert, seorang yang ahli di bidang apa pun yang Anda jalani.

Jamil Azzaini, Inspirator SuksesMulia.

Posted dalam Kapsul di Trijaya Network

1 komentar:

  1. Benar sekali, sepalas dengan ulasannya. Kita harus semangat dan bertekad kuat untuk melawan rasa malas, bosan dan jenuh dengan rutinitas yang kita jalani.

    Menjadi yang terbaik di bidangnya, ingat juga dengan kata mutiara kalo tidak salah dari Brice Lee.. latihlah 1 jurus hingga kamu menjadi ahli di jurus tersebut jangan ganti ganti dalam mempelajari jurus.

    Semoga kita senantiasa di berikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalani usaha untuk menjadi yang terbaik di profesi kita masing-masing, menjadi insan sukses mulia

    Kunjungi blog saya Rafi Muhammad. :)

    BalasHapus