Minggu, 04 Desember 2011

KARAKTER YANG BAIK

Sikap lembut rendah hati, dan tidak mudah marah adalah sikap yang di sukai di hadapan ALLAH SWT, Firman Allah : ‘’ sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung ‘’ (QS al-Qalam : 64 ) dan ‘’ orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan ‘’
(QS. Ali Imran : 134 ).

Bukhari dan Muslim dari `Abdullah bin` Amr, RA, meriwayatkan bahwa," Rasulullah SAW,. pernah berkata, ‘'Di antara mereka yang paling disukai untuk saya adalah mereka yang memiliki karakter terbaik. "

Yang dimaksud dengan karakter yang baik adalah kecenderungan jiwa terhadap tindakan baik dan terpuji. Manusia yang memiliki sikap baik dan terpuji senantiasa dia tunjukan dalam tindakan kesehariannya baik itu hubungannya dengan Allah SWT ataupun terhadap hubungan sesama manusia. Dalam kasus yang pertama, para hamba Allah telah terbuka hatinya menyambut perintah-perintah Allah SWT dan siap menjauhi semua larangan-Nya, dia melakukan apa yang Allah SWT perintahkan kepadanya dengan sungguh-sungguh, dan mejahuhi dari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT tanpa merasa terbebani. Ia suka melakukan tindakan yang baik dan terpuji, dan dalam memutuskan sesuatu selalu didasarkan niat Karena Allah, semuanya dia lakukan dengan mudah dan niat yang ikhlas. Ketika ia berhubungan dengan orang lain, ia sangat toleransi dan tidak merasa bahwa dirinya paling benar, tidak pernah memaksakan kehendak pada orang lain; tetapi dia cenderung lebih meringankan beban orang lain.

Banyak hal yang mungkin dialami dalam hidup ini terutama di kehidupan keseharian dalam berinteraksi dengan orang lain, kadang kita mengalami hal-hal yang tidak mengenakan seperti perlakukan merasa tidak dihormati, penghinaan fitnah dll, segala bentuk dan semua kasus yang serupa, bagi orang yang memiliki sikap baik tidaklah membuatnya marah, atau berusaha untuk menghukum dan membalas dengan perlakuan yang sama walaupun dia mampu melakukannya, dan menanggapi masing-masing dari mereka dengan kebaikan dan kesalehan, karena baik buruk Allah SWT lebih berhak untuk menilai . Dari segi kejiwaan orang seperti ini hidupnya lebih tenang tidak pernah dia merasa gusar atau tertekan dengan perlakukan orang lain, dalam lingkungan pekerjaapun dia merasa nyaman dan terhindar dari segala bentuk persaingan tidak sehat.dia senantiasa melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik ( amanah ).

Dalam bergaul di di rumah atau di lingkungan kerja dia mengangap bahwa manusia itu satu sama lain adalah bersaudara, dia akan selalu menepati janji , memberi bantuan kepada orang lain yang membutuhkan dan selalu mendoakan orang lain yang sakit atau tertimpa musibah tidak memandang apakah orang yang diberi bantuan itu atau di doakanya pernah berbuat yang tidak baik terhadap dirinya.

Karakter yang baik tidaklah lahir dengan sendirinya, itu semua didapat dari proses belajar dan membiasakan diri, dari lingkungan usahankanlah untuk lebih banyak bergaul dengan orang baik ( akhlakul kahrimah ), maka karakter yang baik akan tertanam dan berakar kuat dalam diri kita. Kesimpulanya bahwa semua bentuk usaha, sikap dan perilaku harus didasarkan pada keimanan kepada Allah SWT semata, Allah SWT lebih berhak dan maha tahu mana yang baik dan buruk di sisi-Nya, jangan mengumbar amarah.dan hawa nafsu karena manusia yang terbaik di mata Allah SWT hanyalah berdasarkan ketaqwaanya.

Sukses selalu …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar